Tahapan dari Siklus Hidup Aplikasi Database (Life Cycle)

Tahapan dari Siklus Hidup Aplikasi Database (Life Cycle)

  1. 1. System Definition

Adalah menjelaskan batasan-batasan dan cakupan dari aplikasi database dan sudut pandang user yang utama.

Pendefinisian ruang lingkup dari database system , user yang terlibat, area aplikasi. Definisi   ruang   lingkup   database   (misal   :  para   pemakai,   aplikasi-aplikasinya, dsb).

  1. 2. Desain Aplikasi

Adalah suatu proses pembuatan desain database yang akan mendukung tujuan dan operasi suatu enterprise.

Pemrosesan   dari   penulisan   definisi   database   secara   konseptual,   eksternal, dan   internal,   pembuatan   file-file   database   yang   kosong,   dan   implementasi aplikasi software.

Mendesain user interface dan program aplikasi yang digunakan serta proses database.

Desain,  pada  tahap  ini  menterjemahkan  analisa  kebutuhan  ke   dalam   bentuk   rancangan   sebelum   penulisan   program   yang  berupa perancangan antarmuka (input dan output), perancangan file-file atau basis data dan merancang prosedur (algoritma).
Fase Desain ini meliputi penentuan pemrosesan dan data yang dibutuhkan oleh sistem yang baru, dan pemilihan konfigurasi terbaik dari hardware yang menyediakan desain. Desain system adalah ketentuan mengenal proses dan data yang dibutuhkan oleh sistem yang baru.

  1. 3. Implementasi Database

Pendefisian database secara konseptual, eksternal dan internal serta mengimplementasikan kedalam aplikasi software.
Fase ini melibatkan beberapa spesialis informasi tambahan yang mengubah desain dari bentuk kertas menjadi satu dalam hardware, software, dan data. Pelaksanaan adalah penambahan dan penggabungan antara sumber-sumber secara fisik dan konseptual yang menghasilkan pekerjaan sistem.

Pemrosesan   dari   penulisan   definisi   database   secara   konseptual,   eksternal, dan   internal,   pembuatan   file-file   database   yang   kosong,   dan   implementasi aplikasi software.

  1. 4. Pengambilan dan konversi data (Loading atau data convertion)

Adalah pemindahan data yang ada kedalam database baru dan mengkonversikan aplikasi yang ada agar dapat digunakan pada database yang baru.

Penempatan database yang baik kedalam sistem format database yang sudah digunakan.

Database ditempatkan baik secara memanggil data secara langsung ataupun merubah       file-file  yang    ada    ke   dalam     format    sistem    database     dan memangggilnya kembali.

  1. 5. Konversi Aplikasi (Aplication conversion)

Software aplikasi dari sistem database sebelumnya di konversikan kedalam sistem database yang baru. Beberapa   aplikasi   software   dari   suatu   sistem   sebelumnya   dikonversikan   ke suatu sistem yang baru.

  1. 6. Pengujian dan Validasi (Testing and Validation)

Adalah suatu proses eksekusi program aplikasi dengan tujuan untuk menemukan kesalahan. Sistem yang baru telah ditest dan diuji kinerjanya.

  1. 7. Pengoperasian (Operation)

Adalah suatu proses pengawasan dan pemeliharaan sistem setelah instalasi.

Pengoperasian database sistem dan aplikasinya.

  1. 8. Pengawasan dan Pemeliharaan(Monitoring and Maintenance)

Pengawasan dan pemeliharaan sistem database dan aplikasi software Selama      fase  operasi,   sistem    secara   konstan    memonitor     dan   memelihara database.      Pertambahan       dan    pengembangan       data     dan   aplikasi-aplikasi software dapat terjadi. Modifikasi dan pengaturan kembali database mungkin diperlukan dari waktu ke waktu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s